BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Seiring
berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)peranansistem informasi
dalam suatu organisasi tidak diragukan lagi.Dukungan sisteminformasi dapat
membuat sebuah perusahaan memiliki keunggulan kompetitif.Sekarang ini teknologi
informasi melesat dengan cepat,
keberadaan sistem informasi juga
berperan penting dalam sebuah perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan
lain di era globalisasi seperti saat ini.Berikut ini akan di bahas salah satu
sistem informasi yaitu Office Automation(OA) / Otomatisasi Kantor. Seperti
halnya sistem informasi yang lain, otomatisasikantor juga memberikan fasilitas
tugas – tugas pemrosesan informasi sehari-hari didalam perkantoran dan
organisasi bisnis. Berikut akan di
jelaskan lebih lanjut danterperinci.Sutau
perusahaan dalam mengembangkan pemrosen data dibutuhkan suatukecepatan dalam
pemrosen data menjadi sebuah informasi, dengan adanya makalahini diharapkan
dapat menambah pengetahuan bagi mahasiswa yang mau mendirikansuatu perusahaan.
Karena bagaimanapun kita dituntut untuk memberikan yang terbaik dalam waktu
yang seefisien mungkin sehingga bisa memberikan suatu kepuasan,
BAB II
GAMBARAN UMUM
Otomatisasi
kantor dimulai di pabrik dan menyebar ke kantor dalam bentuk otomatisasi kantor
( office automation ) atau OA, pada awalnya OA, dimaksudkanuntuk membantu
pekerjaan sekretaris dan administrative ( clerical ), tetapikemampuannya untuk
memudahkan komunikasi formal dan informal dengan orang-orang didalam dan diluar
perusahaan menarik para manajer dan professional sebagai pemakai.Asal mula
otomatisasi kantor adalah di awal tahun 1960-an, ketika IBMmenciptakan istilah
word processing untuk menjelaskan listriknya. Bukti yang nyata, pada tahun
1964, IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape / SelectionTypewriter (
MT / ST ) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telahdirekam
dalam pita magnetic secara otomatis.Selectric merupakan mesin ketik IBM yang
telah menampilkan elelmen pentikan berbentuk bola yang berputar. MT / ST
merupakan mesin ketik selectrik yang ditempeli unit pita magnetic.
BAB III
PEMBAHASAN
III.1 Definisi Otomatisasi Kantor (
OA )
Otomatisasi
kantor didefinisikan oleh O’Brien ( 1996 ) sebagai systeminformasi berbasis
telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan danmendistribusikan pesan-pesan,
dokumen-dokumen dan komunikasi elektronik lainnyadiantara individual, grup-grup
kerja dan organisasi.Dengan kata lain dapat kita artikan dalam definisi lannya
adalah ;“Otomatisasi kantor merupakan penggunaan alat elektronik untuk
memudahkankomunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi
informasidengan orang-orang didalam dan diluar perusahaan untuk meningkatkan
perusahaan.”
III.2 Tujuan Otomatisasi Kantor
Dalam
pembangunan suatu perusahaan atau system, disitu pasti ada yang akandi tuju,
baik secara tidak langsung maupun secara langsung tujuan itu harus
tercapai.Dengan adanya otomatisasi kantor pasti ada yang di tuju, apa yang
dituju olehotomatisasi kantor ini? mari perhatikan beberapa tujuan otomatisasi
kantor dibawahini yaitu;
pendapatan yang lebih
tinggi versus penghindaran biaya komputer tidak menggantikan pekerja saat ini,
tetapi computer menunda penabahan pegawaiyang diperlukan untuk menanngani beban
kerjja yang bertambah.
pemecahan masalah
kelompok , cara OA berkontribusi pada komunikasikeadaan dari manajer membuatnya
sangat cocok diterapkan untuk memecahkanmasalah kelompok.
pelengkap-bukan
pengganti, sebagai suatu cara komunikasi bisnis, OA bukantanpa keterbatasan. OA
tidak akan menggantikan semua komunikasiinterpersonal tradisional – percakapan
tatap muka, percakapan telepon, pesantertulis pada memo, dan sejenisnya. OA
harus bertujuan melengkapi komunikasitradisional.
penggabungan dan
penerapan teknologi
memperbarui proses
pelaksanaan pekerjaan di kantor
meningkatkan
produktivitas dan efektivitas pekerjaan.
Jadi
secara garis besar dari beberapa sub item tujuan yang ada diatas dapatkita
kembangkan menjadi suatu runtutan mengenai tujuan adanya OA atau
OfficeAutomation dalam suatu perusahaan atau kantor, yaitu sebagai
berikut:Dengan adanya OA atau Office automation dianggap sebagai cara untuk
meningkatkan produktivitas sekretaris dan pegawai administrative. Produk
OAmemungkinkan para pekerja kantor ini memproses lebih banyak dokumen
secaralebih cepat dan lebih baik.Selanjutnya ternyata para pekerja terdidik
juga dapat memanfaatkannya. OAmemudahkan para pekerja terdidik untuk menyimpan
korespondensi keluar. Tetapikorespondensi keluar merupakan korespondensi masuk
orang lain, cara mendorongkorespondensi masuk, maka OA menjadi peralatan yang
digunakan dalam pemecahanmasalah. Dengan kata lain,
Otomatisasi
kantor bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Bila diterapkan sebagai alat
pemecah masalah, otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer
untuk saling melakukan komunikasi denganlebih baik selagi mereka memecahkan
masalah. Peningkatan komunikasi ini dapatmenghasilkan keputusan yang lebih baik
dan lebih cepat.
III.3 Pengguna Otomatisasi Kantor
Agar
suatu system atau aplikasi dapat berjalan dan dapat dinilai apakahsystem itu
bagus atau tidak, maka disini kita perlukan yang namanya pemakai, iayang akan
menilai, merancang dan mengembangkan sehingga suatu system dapat berjalan,
apakah anda penasaran siapa sebenarnya yang memakai otomatisasi kantor yang ada
dalam suatu system informasi? Jika anda penasaran, mari telaah siapa pengguna
otomisasi kantoor dibawah ini:
manajer, adalah
orang-orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutama
sumber daya manusia.
Professional, orang
yang tidak mengelola orang lain tetapi menyumbangkeahlian khusus yang
membedakan mereka dari sekretaris dan pegawaiadministrative, contohnya pembeli,
wiraniaga dan lain-lain.
Sekretaris, biasanya
ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas,
seperti menangani korespondensi,menjawab telepon dan mengatur jadwal pertemuan.
Pegawai administratif ,
biasanya bertugas melaksanakan tugas-tugasuntuk sekretaris, seperti
mengoperasikan mesin fotokopi, menyusundokumen, menyimpan dokumen dan
mengirimkan surat
Model Otomatisasi Perkantoran
Keterangan
Gambar, diatas adalah :
Karena OA tidak
memiliki mengelola data, penggunaan database dibatasi pada isiinformasi.
Informasi dikumpulkan dari system fisik perusahaan ( SIAmengumpulkan datanya ).
Informasi juga disediakan oleh lingkungan.
Informasi berfungsi
sebagai input bagi aplikasi OA berbasis computer seperti pengolah kata, e-mail,
dann konferensi komputer.
Pemecah masalah lain
berada ditengah-tengah garis yang memisahkan perusahaan dengan lingkungan. Ini
berarti bahwa orang-orang itu mungkin berada di kedua area tersebut.
Model tersebut juga
mencerminkan penggunaan aplikasi OA berbasis non-komputer seperti konferensi
video dan audio.
III.5 Aplikasi pada Office
Automation ( OA )
Aplikasi
OA telah berkembang satu demi satu hingga sekarang sedikitnyaterdapat beberapa
aplikasi, yaitu:
Pengolahan Kata ( word
processing )
Pengolahan
kata adalah penggunaan alat elektronik yang secara otomatismelaksanakan banyak
tugas-tugas yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yangdiketik atau dicetak.
Surat Elektronik (
E-mail )
Surat
elektronik atau yang sekarang lebih kita kenal dengan E-mail adalah penggunaan
jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim,menyimpan dan
menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal computer danalat penyimpanan.
Voice Mail
Voice
mail serupa dengan surat elektronik, hanya bedanya kalau voice mailmenggunakan
suara melalui telepon dalam mengirimkan atau menerima pesan,sedangkan surat
elektronik kita harus mengetiknya.
Kalender Elektronik (
Elelctronic Calendaring )
Kalender
elektronik adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpandan mengambil
kalender pertemuan manajer.
Konferensi Audio
Konferensi
audio adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan
audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografisdengan tujuan
melaksanakan konferensi.
Konferensi Video
Konferensi
video adalah penggunaan peralatan televise untuk menghubungan para peserta
konferensi yang tersebar secara geografis.
Konferensi komputer
Koferensi
komputer adalah penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota
tim pemecahan masalah bertukar informasi mengenaimasalah masalah yang sedang
dipecahkan.
Transmisi faksimile
atau FAX
FAX,
singkatan dari facsimile tranmision, adalah penggunaan peralatankhusus yang
dapat membaca citra dokumen pada satu ujung saluran komunikasi danmembuat
salinannya diujung yang lain.
Video tex
Video
tex adalah penggunaan computer untuk menampilkan pada layer CRTmateri narasi
dan grafik yang tersimpan.
Pencitraan ( imaging )
Pencitraan
merupakan salah satu aplikasi OA yang digunakan untuk mengenal karakter secara
optic (optical character recognition ) untuk mengubahcatatan-catatan kertas
atau microfilm menjadi format digital untuk disimpan didalamalat penyimpanan
sementara.
Desktop publishing
Desktop
Publishing ( DTP ) adalah penggunaan komputer untuk menyiapkanoutput tercetak
yang kualitasnya sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh typesetter.
III.6 Macam-Macam System
Otomatisasi Kantor
Dari
aplikasi-aplikasi OA yang telah disebutkan diatas, maka kita
dapatmenggolongkan, aplikasi-aplikasi itu kedalam subsistem dari suatu
systemototmatisasi kantor, yaitu:
System Komunikasi
Elektonik
System
komunikasi elektronik ( electronic communication system )merupakan system
teknologi informasi yang digunakan untuk berkomunikasi diantaraindividu,
grup-grup kerja dan organisasi-organisasi. Yang termasuk dalam system iniadalah
e-mail, voice mail, facsimile dan bulletin board system.Bulletin board system (
BBS ) adalah suatu lokasi lewat jaringan internet yangmemungkinkan suatu pesan
disimpan di lokasi dan selanjutnya dapat diakses dandidesain oleh orang lain.
System Kolaborasi
Elektronik
Sytem
kolaborasi elektronik adalah suatu system yang tidak hanya pertukarankomunikasi
atau pesan, tetapi juga bagaimana informasi atau pesan tersebutdigunakan untuk
bekerja sama. Contoh aplikasi yang ada pada OA, yang tergolongdalam system
kolaborasi adalah teleconference dan telecommuting.Telecommuting adalah
kolaborasi elektronik yang digunakan oleh pekerja yang bekerja dari jarak jauh
dengan kantornya.
System Publikasi Dan
Pengolahan Imej Elektronik
System
publikasi elektronik ( electronic publishing system ) adalah penggunaan
teknologi informasi untuk keperluan pembuatan dokumen tercetak. Yangtermasuk
aplikasi dari system pubikasi dan pengolahan imej elektronik adalahdesktop
publishing, elektonik document management, presentase graphics danmultimedia
presentation.Elektonik document management ( EDM ) merupakana system
penyimpanandocument yang membentuk basis data imej ( image database ) yang
nantinya dapatdiakses dan diproses kembali.Presentation graphic digunakan untuk
menampilkan grafik yang akandipresentasikan. Sedangkan multimedia presentation
tidak hanya mempresentasikangrafik saja, tetapi memungkinkan untuk
mempresentasikan dalam beberapa bentuk media seperti teks, grafik, foto, suara
dan video.
System Pengolahan
Kantor
System
pengolahan kantor ( office management systems ) merupakan systemkantor otomatis
yang mendukung orang-orang di organisasi untuk
mengorganisasikanaktivitas-aktivitas kerja mereka. Yang termasuk dalam system
ini adalah desktopaccessories dan electronic scheduling atau kalender elektronik.
Desktop accessories menyediakan alat-alat seperti kalkulator, kalender,
jam,notepad, daftar nomer telepon dan daftar jam janjian. Electronic
schedulingmembantu pemakai-pemakai system ini untuk mengatur skejul kerja
mereka Dalam system otomatisasi kantor ini, untuk lebih jelasnya, kita
perhatikangrafik yang ada di bawah ini :
III.7 Faktor-faktor Yang
Mempengaruhi Pilihan Aplikasi Otomatisasi Kantor
Banyak aplikasi dalam otomatisasi kantor,
membuat seorang manajer harusmelakukan suatu pemilihan dalam membuat suatu
sytem yang baik, yang kiranyadapat memberikan kepuasaan baik dari pelanggan
maupun dalam perusahaan itu
BAB IV
PENUTUP
IV.1 Kesimpulan
Tahun
1964 diperkenalkan satu generasi baru alat penghitung yangmempengaruhi cara
penggunaan komputer. Konsep penggunaan komputer sebagaiSIM ( Sistem Informasi
Manajemen ) dipromosikan oleh pembuat komputer untuk mendukung peralatan baru
tsb. Konsep SIM ( Sistem Informasi Manajemen )menyadari bahwa aplikasi komputer
harus diterapkan untuk tujuan utamamenghasilkan informasi manajemen.Otomatisasi
kantor (office automation/OA) memudahkan komunikasi danmeningkatkan
produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat
elektronik. OA telah berkembang meliputi beragam aplikasi sepertikonferensi jarak
jauh, voice mail, e-mail, electronik calendaring, facsimiletransmission.
Komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaranlogis yang sama
seperti manusia, suatu aplikasi yang dinamakan kecerdasan buatan(artificial
intelligence)
DAFTAR PUSTAKA
Kadir,
Abdul, “ Pengenal Sistem Informasi”,
Yogyakarta:
Andi Offset, 2002 Jogiyanto, H.M, “Sistem Teknolgi Informasi”, Yogyakarta: Andi
Offset, 2005 Slide Sistem Informasi Manajemen Dari
BSIMahasiswa_gunadarma.wordpress.com
chips-seven.blogspot.com
No comments:
Post a Comment
KOMENTAR ANDA AKAN SANGAT KAMI HARGAI
MAKA BERKOMENTARLAH DEMI KEMAJUAN BLOG INI