Pengertian Struktur Organisasi
• Struktur organisasi adalah pola tentang
hubungan antara berbagai komponen dan bagian organisasi.
• Pada organisasi formal struktur direncanakan
dan merupakan
usaha sengaja untuk menetapkan pola hubungan antara berbagai komponen, sehingga dapat mencapai sasaran
secara efektif.
• Sedangkan pada organisasi informal, struktur organisasi
adalah aspek sistem yang tidak direncanakan dan timbul secara spontan akibat
interaksi peserta.
Contoh Struktur Organisasi
Pengertian Desain Organisasi
• Desain
organisasi merupakan proses perkembangan hubungan dan penciptaan struktur untuk
mencapai tujuan organisasi.
• Jadi
proses desain merupakan suatu kegiatan yang bersifat kontinu dan dirancang oleh
manajer.
Bagian Dasar Organisasi
Henry Mintzberg
mengatakan bahwa ada 5 bagian dasar organisasi yaitu :
- The Operating Core. Yang termasuk disini adalah para
pegawai yang melaksanakan pekerjaan dasar yang berhubungan dengan produksi barang dan jasa
- The Strategic Apex. Yang termasuk di dalam bagian ini
adalah manajer tingkat puncak (top management)
- The Middle Line. Yang termasuk di dalam bagian ini
adalah para manajer yang menjembatani manajer tingkat atas dengan
bagian operasional
- The Technostructure. Yang termasuk dalam bagian ini
adalah mereka yang diserahi tugas untuk menganalisa dan bertanggung jawab terhadap bentuk standarisasi dalam organisasi.
- The Support Staff. Yang termasuk disini adalah
orang-orang yang memberi jasa pendukung tidak langsung
terhadap organisasi ( orang-orang yang mengisi unit staff)
Macam-macam Desain Organisasi
Secara garis
besar terdapat 5 macam desain organisasi yaitu :
• Desain organisasi yang berupa struktur
sederhana didominasi oleh strategic apex dan memiliki tingkat sentralisasi
yang sangat tinggi dalam melakukan kontrol.
Struktur
sederhana bersifat simpel tetapi terbatas penggunaannya, yakni pada perusahaan yang
kecil ukurannya.
Desain organisasi ini
memiliki kelemahan tidak dapat digunakan dalam organisasi yang kompleks, paling beresiko karena
kepemimpinan tersentralisasi, tergantung pada satu orang saja.
• Desain organisasi berupa birokrasi mesin
didominasi oleh para technostructure
dan kontrol yang dilakukan melalui standarisasi.
Struktur tipe ini mampu
menampilkan aktivitas yang berstandarisasi dengan tindakan yang sangat efisien. Struktur tipe ini
efektif digunakan pada perusahaan yang menggunakan teknologi mesin dalam
melaksanakan kegiatannya, sehingga mudah distandarisasi, lingkungannya simpel dan stabil, serta dapat
digunakan pada perusahaan besar.
• Desain organisasi berupa birokrasi
profesional memiliki konsep kunci, yaitu mengkombinasikan standarisasi dan
desentralisasi.
Operating core mendominasi desain
organisasi ini karena mereka memiliki keahlian kritis yang diperlukan
organisasi, dan mereka memiliki otonomi untuk menerapkan keahlian mereka, sehingga konsep kunci
desain ini dapat terlaksana.
Kelebihan
struktur ini dapat menampilkan tugas secara terspesialisasi dan efisien secara
bersama. Struktur ini biasanya dipakai pada organisasi besar dengan lingkungan yang kompleks dan stabil, menggunakan
teknologi rutin, yang berinternalisasi melalui profesionalisme.
• Desain organisasi yang berupa struktur
divisional yang didominasi oleh manajer tingkat menengah.
Struktur ini
terdiri dari kesatuan yang terdiri dari unit-unit yang memiliki otonomi tinggi dan
masing-masing unit birokrasi mesin dan dikoordinasi oleh masing-masing kepada divisi (manajer tingkat
menengah ).
Kepala divisi
bertanggung jawab terhadap produk dan jasa secara penuh. Tipe ini cocok
digunakan dalam organisasi yang melaksanakan diversifikasi produk dan jasa
secara penuh.
Tipe ini cocok digunakan
dalam organisasi yang melaksanakan diversifikasi produk dan pasar yang beraneka ragam.
Lingkungan yang cocok untuk struktur jenis ini adalah lingkungan yang simpel
dan stabil.
• Desain organisasi adhocracy bersifat
sangat fleksibel, standarisasinya rendah, dan sangat terdesentralisasi.
Hierarkinya rendah
tetapi departementalisasinya
sangat tinggi. Struktur jenis ini hampir sama dengan birokrasi-birokrasi profesional, karena
keduanya memperkejakan orangorang profesional.
Struktur ini
menggunakan teknologi non-rutin, cocok untuk organisasi dengan lingkungan yang
sering berubah dan memiliki resiko yang tinggi.
Kekuasaan pada
struktur ini tidak berdasarkan posisi seseorang, tetapi berdasarkan keahlian
yang dimiliki.
Desain Organisasi Umum
• Struktur
Sederhana merupakan sebuah struktur yang memiliki kadar departementalisasi
rendah, rentang kendali yang luas dan formalisasi yang rendah, wewenang hanya
terpusat pada seseorang.
Ø Kekuatan
struktur sederhana terletak pada kesederhanaannya, cepat, fleksibel, tidak
mahal penerapannya dan memiliki pertanggung jawaban yang jelas.
Ø Kelemahan
struktur sederhana sulit untuk dijalankan kecuali pada organisasi kecil,
menjadi tidak memadai ketika organisasi berkembang karena formalisasinya yang
rendah dan sentralisasinya yang tinggi menyebabkan informasi menjadi berlebihan
di puncak. Beresiko tinggi karena segala sesuatunya bergantung pada satu orang.
Ø Struktur
Birokrasi adalah sebuah struktur yang memiliki tugas-tugas operasi yang
sangat rutin. Tugas-tugas tersebut dicapai melalui spesialisasi, peraturan dan
ketentuan yang sangat formal.
Tugas-tugas dalam birokrasi di kelompokkan kedalam berbagai
departemen fungsional, wewenag pusat, rentang kendali yang sempit dan
pengambilan keputusan yang mengikuti rantai komando.
• Struktur
Matriks merupakan sebuah struktur yang menciptakan garis wewenang ganda dan
menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk.
Struktur ini dapat ditemukan di agen-agen periklanan,
perusahaan pesawat terbang, laboratorium penelitian dan pengembangan,
perusahaan konstruksi, rumah sakit, lembaga pemerintah, universitas, perusahaan
konsultan manajemen dan perusahaan hiburan
Desain Struktur Organisasi Modern
• Struktur
Tim
Struktur ini memanfaatkan tim sebagi perangkat utama untuk
mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan kerja. Karakteristik utama dari struktur
organisasi ini yaitu menghilangkan kesulitan-kesulitan departemental dan
mendestralisasi pengambilan keputusan ketingkat tim kerja. Struktur tim ini
juga berupaya menstimulus karyawan untuk menjadi generalis dan juga spesialis
• Struktur
Virtual
Organisasi virtual merupakan sebuah struktur inti kecil.
Sistem organisasi modern ini melakukan subkontrak terhadap fungsi-fungsi utama
bisnis.
• Organisasi
Nirbatas
Organisasi nirbatas merupakan sebuah struktur yang berupaya
manghapuskan rantai komando, mempunyai
rentang kendali tak terbatas
serta mengganti departemen dengan tim yang diberdayakan
No comments:
Post a Comment
KOMENTAR ANDA AKAN SANGAT KAMI HARGAI
MAKA BERKOMENTARLAH DEMI KEMAJUAN BLOG INI