Struktur Organisasi (materi Kuliah Organisasi dan Metode)


Pengertian Struktur Organisasi
       Struktur organisasi adalah pola tentang hubungan antara berbagai komponen dan bagian organisasi.
       Pada organisasi formal struktur direncanakan dan merupakan usaha sengaja untuk menetapkan pola hubungan antara berbagai komponen, sehingga dapat mencapai sasaran secara efektif.
       Sedangkan pada organisasi informal, struktur organisasi adalah aspek sistem yang tidak direncanakan dan timbul secara spontan akibat interaksi peserta.
Contoh Struktur Organisasi



Pengertian Desain Organisasi

       Desain organisasi merupakan proses perkembangan hubungan dan penciptaan struktur untuk mencapai tujuan organisasi.
       Jadi proses desain merupakan suatu kegiatan yang bersifat kontinu dan dirancang oleh manajer.
Bagian Dasar Organisasi
Henry Mintzberg mengatakan bahwa ada 5 bagian dasar organisasi yaitu :
  1. The Operating Core. Yang termasuk disini adalah para pegawai yang melaksanakan pekerjaan dasar yang berhubungan dengan produksi barang dan jasa
  2. The Strategic Apex. Yang termasuk di dalam bagian ini adalah manajer tingkat puncak (top management)
  3. The Middle Line. Yang termasuk di dalam bagian ini adalah para manajer yang menjembatani manajer tingkat atas dengan bagian operasional
  4. The Technostructure. Yang termasuk dalam bagian ini adalah mereka yang diserahi tugas untuk menganalisa dan bertanggung jawab terhadap bentuk standarisasi dalam organisasi.
  5. The Support Staff. Yang termasuk disini adalah orang-orang yang memberi jasa pendukung tidak langsung terhadap organisasi ( orang-orang yang mengisi unit staff)
Macam-macam Desain Organisasi
Secara garis besar terdapat 5 macam desain organisasi yaitu :
       Desain organisasi yang berupa struktur sederhana didominasi oleh strategic apex dan memiliki tingkat sentralisasi yang sangat tinggi dalam melakukan kontrol.
Struktur sederhana bersifat simpel tetapi terbatas penggunaannya, yakni pada perusahaan yang kecil ukurannya.
Desain organisasi ini memiliki kelemahan tidak dapat digunakan dalam organisasi yang kompleks, paling beresiko karena kepemimpinan tersentralisasi, tergantung pada satu orang saja.
       Desain organisasi berupa birokrasi mesin didominasi oleh para technostructure dan kontrol yang dilakukan melalui standarisasi.
Struktur tipe ini mampu menampilkan aktivitas yang berstandarisasi dengan tindakan yang sangat efisien. Struktur tipe ini efektif digunakan pada perusahaan yang menggunakan teknologi mesin dalam melaksanakan kegiatannya, sehingga mudah distandarisasi, lingkungannya simpel dan stabil, serta dapat digunakan pada perusahaan besar.
       Desain organisasi berupa birokrasi profesional memiliki konsep kunci, yaitu mengkombinasikan standarisasi dan desentralisasi.
Operating core mendominasi desain organisasi ini karena mereka memiliki keahlian kritis yang diperlukan organisasi, dan mereka memiliki otonomi untuk menerapkan keahlian mereka, sehingga konsep kunci desain ini dapat terlaksana.
Kelebihan struktur ini dapat menampilkan tugas secara terspesialisasi dan efisien secara bersama. Struktur ini biasanya dipakai pada organisasi besar dengan lingkungan yang kompleks dan stabil, menggunakan teknologi rutin, yang berinternalisasi melalui profesionalisme.
       Desain organisasi yang berupa struktur divisional yang didominasi oleh manajer tingkat menengah.
Struktur ini terdiri dari kesatuan yang terdiri dari unit-unit yang memiliki otonomi tinggi dan masing-masing unit birokrasi mesin dan dikoordinasi oleh masing-masing kepada divisi (manajer tingkat menengah ).
Kepala divisi bertanggung jawab terhadap produk dan jasa secara penuh. Tipe ini cocok digunakan dalam organisasi yang melaksanakan diversifikasi produk dan jasa secara penuh.
Tipe ini cocok digunakan dalam organisasi yang melaksanakan diversifikasi produk dan pasar yang beraneka ragam. Lingkungan yang cocok untuk struktur jenis ini adalah lingkungan yang simpel dan stabil.
       Desain organisasi adhocracy bersifat sangat fleksibel, standarisasinya rendah, dan sangat terdesentralisasi.
Hierarkinya rendah tetapi departementalisasinya sangat tinggi. Struktur jenis ini hampir sama dengan birokrasi-birokrasi profesional, karena keduanya memperkejakan orangorang profesional.
Struktur ini menggunakan teknologi non-rutin, cocok untuk organisasi dengan lingkungan yang sering berubah dan memiliki resiko yang tinggi.
Kekuasaan pada struktur ini tidak berdasarkan posisi seseorang, tetapi berdasarkan keahlian yang dimiliki.
Desain Organisasi Umum
       Struktur Sederhana merupakan sebuah struktur yang memiliki kadar departementalisasi rendah, rentang kendali yang luas dan formalisasi yang rendah, wewenang hanya terpusat pada seseorang.
Ø  Kekuatan struktur sederhana terletak pada kesederhanaannya, cepat, fleksibel, tidak mahal penerapannya dan memiliki pertanggung jawaban yang jelas.
Ø  Kelemahan struktur sederhana sulit untuk dijalankan kecuali pada organisasi kecil, menjadi tidak memadai ketika organisasi berkembang karena formalisasinya yang rendah dan sentralisasinya yang tinggi menyebabkan informasi menjadi berlebihan di puncak. Beresiko tinggi karena segala sesuatunya bergantung pada satu orang.
Ø  Struktur Birokrasi adalah sebuah struktur yang memiliki tugas-tugas operasi yang sangat rutin. Tugas-tugas tersebut dicapai melalui spesialisasi, peraturan dan ketentuan yang sangat formal.
Tugas-tugas dalam birokrasi di kelompokkan kedalam berbagai departemen fungsional, wewenag pusat, rentang kendali yang sempit dan pengambilan keputusan yang mengikuti rantai komando.
       Struktur Matriks merupakan sebuah struktur yang menciptakan garis wewenang ganda dan menggabungkan departementalisasi fungsional dan produk.
Struktur ini dapat ditemukan di agen-agen periklanan, perusahaan pesawat terbang, laboratorium penelitian dan pengembangan, perusahaan konstruksi, rumah sakit, lembaga pemerintah, universitas, perusahaan konsultan manajemen dan perusahaan hiburan
Desain Struktur Organisasi Modern
       Struktur Tim
Struktur ini memanfaatkan tim sebagi perangkat utama untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan kerja. Karakteristik utama dari struktur organisasi ini yaitu menghilangkan kesulitan-kesulitan departemental dan mendestralisasi pengambilan keputusan ketingkat tim kerja. Struktur tim ini juga berupaya menstimulus karyawan untuk menjadi generalis dan juga spesialis
       Struktur Virtual
Organisasi virtual merupakan sebuah struktur inti kecil. Sistem organisasi modern ini melakukan subkontrak terhadap fungsi-fungsi utama bisnis.
       Organisasi Nirbatas
Organisasi nirbatas merupakan sebuah struktur yang berupaya manghapuskan rantai komando, mempunyai  rentang kendali tak terbatas  serta mengganti departemen dengan tim yang diberdayakan



No comments:

Post a Comment

KOMENTAR ANDA AKAN SANGAT KAMI HARGAI
MAKA BERKOMENTARLAH DEMI KEMAJUAN BLOG INI